Monday, November 3, 2014

CLASSROOM STORY#11



CLASSROOM STORY#11
~UTS (Ujian Tengah Sawah)~


     Udah 5 tahun gak nulis cerpen,gara gara gue harus fokus e UTS, dalam hari hari UTS atau ujian ujian yang lain cuman ada 2 tipe anak yang nyantai nyantai aja, kalo gak  anak Genius ya anak Gak niat.dan gue masih pusing mikirin UTS,tandanya gue anak yang hampir niat.
      Dan karena besok UTSnya bahasa indonesia sama Olahraga, jadi gue masih bisa nulis cerpen,berhubung materi bahasa indonesia juga nulis cerpen.ngomong ngomong soal bahasa indonesia, gue jadi inget temen gue si Fadil, entah bagaimana kabarnya,apakah dia selamat atau tidak dari bencana letusan gunung krakatau 1890 lalu.
      “ayo kalian semua bikin satu kalimat mengenai majas personifikasi. .! Itok baca punya kamu..” kata pak Imam ke temen gue Itok namanya.
      “...’pulpen ini selalu menari nari diatas surat yang kutujukan padamu’” kata itok.
      “cieeee...”temen temen menyoraki.
      “Fadil, ayo baca punya kamu..”
       “ya pak” jawab fadil, “ ‘Kursi di samping ku telah memborgol hatiku..’” kata fadil.
      “Cieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee......”kata temen temen, padahal anak yang duduk di kursi sebelah fadil adalah Yasin.
        Si yasin ini, buat elo yang gak tahu dia kayak gimana, dia itu anak yag patut untuk di bully di cerpen ini, pasalnya walaupun dia gak bikin nar, tapi mukanya ngeselin, garing, dan kelopak mata sama alisnya datar kayak orang overdosis ekstrak kulit manggis ...yasiin..gooood.... .ok serius, muka normalnya kayak gini :
                   


Dan berikut ekspresi ekspresinya yang gak kalah ngeselin..:


      “Dah sekarang kalian bikin kalimat bermajas retorik..?”lanjut pak imam.
      “retorik itu kayak gimanapak?”tanya Farel.
      “majas retorik itu berupa pertanyaan tapi gak perlu dijawab,semacam kayak sindiran...ayo kamu farel..”
      “oh iya pak...”farel buka buku, “ ‘mana mungkin orang mati bisa hidup kembali.?’”
      “ya benar.”sahut pak Imam. “sekarang kamu Al...”kata pak Imam manggil gue, gak tahu tuh orang nemu nama dari mana.
      “eh..Elu bego ya?!!” sentak gue ke pak Imam.
      “lho maksud kamu apa?”sahut pak Imam.
      “lho itu majas Retorik saya pak, gak usah di jawab..”kata gue.
      “oh iya iya...betul, betl betul kurang ajar maksudnya”dia noleh ke wahyu. “ ayo wahyu, baca punya kamu”
       Si wahyu buka buku, “saya kebelet, boleh ke kamar mandi pak?” sama pak imam nggak dijawab, karena dipikir itu majas retorik.
        Dan besok UTSnya Bahasa Indonesia, kal soalya yang Bikin Pak Imam pasti kayak gini : yang dimaksud majas Hiperbola adalah?...
a.majas yang melebih lebih kan suatu arti dari kata sesungguhnya.
b.jawaban (a) benar.
c.jawaban (b) benar.
d.jawaban (a),(b)dan (c) benar.
e.semua benar.                                   
Ini adalah soal tersulit seumur hidup tetangga gue.
        Suatu saat, lulusan kurikulum 2013,sebut saja Wahyu, dipalak oleh preman bernama Chan. “eh serahin harta lo..!”kata Chan sang preman
         “ampun bang, gue gak punya duit...”
         “serahin.. a.harta....b.nyawa....c.semua benar..”
          “c.semua benar.”jawab wahyu.
          “jawaban kamu salah...”
         “bang....ada remidi gak bang.?”
Dan juga besok UTS Olahraga atau Penjaskes, soalnya selalu OOT (out of topic), dan gak kalah ngeselinya sama soal Bahasa Indonesia.contohnya kayak gini:
Dalam permainan softball, setelah Batter memukul bola, maka dia harus....
a.lari ke base berikutnya.
b.melarikan diri.
c.lari dari kenyataan.
d.lari dari tanggung jawab.
e.lari pagi....tuua..muuda..semuaaa...lari pagi...
dan juga pasti muncul soal kayak gini.:
berikut adalah sikap yang baik dalam melakukan pendaratan saat lompat jauh adalah..
a.sikap mendarat dengan dua kaki rapat.
b.sikap tolong menolong.
c.sikap toleransi.
d.sikap acuh tak acuh.
e.bodoh amat, mending ke laut...
dan terakhir..
pendaratan dalam lompat jauh yang benar adalah menggunakan....
a.mendarat dengan kedua kaki terlebih dahulu.
b.mendarat dengan kepala.
c.medarat dengan kepala teman.
d.mendarat dengan kepala sekolah.
e.mendarat dipelabuhan banten dipipin cornelis de houtmen.
Yah...buat refreshing, sekarang gue kasih soal serius, ini bikinan filsuf Yunan kuno,namanya kalo nggak salah...Yasinnus.
Socrates berkata”apa yang akan dikatakan Plato adalah bohong.”dan Plato berkata “apa yang baru saja dikatakan Socrates adalah benar”pertanyaanya..siapa yang salah?
a.Plato.                                  b.Socrates                                 c.Yasin
d.semua benar.                      e.gak usah dijawab,itu cuman majas retorik.

No comments:

Post a Comment

Kata - Kata Kasar (The Tabooness of Profanity)

"Kok kamu ngomong kasar kayak gitu sih?" "Jaga dong mulutmu!" "Kok kowe misuhan seh?" "Why do you cursed ...