Monday, April 13, 2015

About an Introvert



ABOUT AN INTROVERT

 Kiriman: Aliffiandika Nuzul.F

INTROVERT
     Introvert adalah kepribadian dimana Manusia dengan kepribadian introvert cenderung menutup diri dari dunia luar. Tipe ini lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk kegiatan soliter, seperti membaca, menulis, menggunakan komputer, serta lebih menyukai berada dalam kesunyian atau tempat tenang. Mereka analitis sebelum berbicara, merasa kurang nyaman karena terlalu banyak pertemuan dan keterlibatan sosial,  lebih senang bekerja sendirian, serta lebih suka berinteraksi secara 1 on 1 interaction. Keunggulan dari tipe kepribadian ini adalah mereka berpikir dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu, mereka adalah pendengar yang baik, dan bersikap analitis. –dikutip dr psikologid.com-.
    Mungkin dikalangan kalian ada beberapa sosok pendiam, tak suka banyak bicara, terkadang bersikap acuh atau cuek, jarang datang ke acara pesta, lebih suka menyendiri. Mereka adalah sosok Introvert. Kesalahan besar dalam masyarakat kita masyarakat Indonesia adalah, menganggap mereka seorang Pemalu, pemurung, kelainan, aneh, kurang pergaulan, dan yg lebih parah, Culun.
    Introvert tidak aneh, itu adalah tipe kepribadian, pemahaman yg salah terhadap introvert disebabkan krn mayoritas populasi manusia di dunia adalah Ekstrovert, kabalikan dari introvert.

MITOS TENTANG INTROVERT.



1.Introvert tidak suka bicara.
Itu tidak benar, mereka tidak suka banyak bicara Kecuali mengenai hal hal yang menarik minat mereka, dan jika mereka sudah berbicara, bisa dibilang susah berhenti. Mereka tidak berbicara jika mereka tidak merasa ada hal yang harus dibicarakan. “orang bijak berbicara karena ada hal yang harus dibicarakan, orang tolol berbicara karena dia harus berbicara.”-Plato-
2.Introvert adalah Pemalu.
Menjadi seorang Introvert tidak ada hubunganya dengan jadi pemalu. Menurut Helgoe, seorang asisten professor psikologi Davis & Elkins College West Virginia, kepribadian introvert terlihat pemalu karena mereka cenderung berpikir sebelum berbicara, serta memproses sesuatu secara internal, berbeda dengan ekstrovert yang lebih spontan dalam mengungkapkan sesuatu.
3.Introvert tidak suka orang (tidak suka berteman).
Se-pendiam apapun seorang Introvert, dia butuh teman. Yang membuat seorang introvert terlihat tidak membaur dengan orang orang adalah, karena mereka benar benar selektif dalam memilih teman, mereka pandai membaca karakter orang, dan saat mereka telah memilih atau menganggap seseorang sebagai teman, dia akan menjadi seorang yang benar benar peduli dengan temanya (menjunjung tinggi pertemanan).
4.Introvert selalu ingin sendirian.
Seorang introvert lebih nyaman sendirian dengan pemikiran pemikiranya, melamunkan seuatu, membaca buku, menulis, dari pada bermain bersama banyak orang. Tapi introvert akan merasa kesepian saat dia tak punya siapapun yang bisa diajak berbagi pemikiran, temuan, ide, dan perasaan.
5.Introvert itu aneh.
Salah. Seorang Introvert biasanya individualis, mereka tidak suka ikut ikutan dengan kebanyakan orang, mereka lebih suka menjalani hidup dengan caranya sendiri, mereka mengambil keputusan berdasarkan pemikiran mereka bukan dari trend atau yang populer di kebanyakan orang, itu yang membuat mereka terlihat berbeda dengan kebanyakan orang.Mereka juga sering berlawanan dengan aturan atau norma. menjadi berbeda tidak selamanya buruk.
6.Introvert tidak tahu cara untuk bersenang senang atau bersantai.
Tentu tidak. Seorang introvert bersenang senang dan bersantai dengan caranya sendiri, bersantai di rumah dengan secangkir teh, bermain game di PC, berwisata ke pemandangan alam yang damai. Berbeda dengan Ekstrovert yang lebih suka hiburan yang penuh keramaian,adrenalin, kebisingan, seperti taman hiburan, dll. Jika mendengar suara yang terlalu bising atau orang orang yang terlalu banyak bicara, Introvert akan merasa tidak nyaman, karena otak mereka Sensitif terhadap neurotransmiter yang disebut Dopamine.
7.Introvert dapat merubah diri, dan menjadi Ekstrovert.
Introvert tidak bisa “merubah” kebiasaanya, karena itu sudah kepribadianya, hanya karena tidak umum bukan berarti harus dirubah.justru Menurut penelitian Silverman (1986), kebanyakan Introvert memiliki IQ yang lebih tinggi.
8.Introvert tidak dapat menjadi Publik Speaker.
Setengah dari public speaker dunia adalah seorang introvert. Seorang introvert dapat menjadi public speaker bila mereka mempersiapkan diri dan berlatih dengan baik, serta menyadari jika mereka menarik.
9.seorang Ekstrovert lebih bahagia dari pada Introvert
Hanya karena Introvert jarang tertawa terbahak bahak, atau karena wajah mereka yang terkesan dingin, bukan berarti mereka tidak bahagia, justru karena mereka lebih menjunjung tinggi ketenangan.introvert maupun ekstrovert bahagia dengan caranya masing-masing. Ekstrovert merasa “hidup” di keramaian, sedangkan introvert merasa “damai” saat berada dalam ketenangan. Dalam masyarakat awam, sebuah ketenangan seringkali dinilai sebagai bentuk keprihatinan atau kesepian, sehingga menilai jika seorang introvert tidak bahagia.
 



FAKTA TENTANG INTROVERT.


1.Seorang Introvert lebih aktif dan cakap di dunia Online.
Terkadang seorang Introvert lebih terlihat menonjol di Dunia Online, jika anda seorang Introvert atau mempunyai seorang teman Introvert, jangan heran jika mereka yang terlihat pendiam di Dunia nyata menjadi lebih aktif dan lebih cakap di dunia Maya, bahkan mereka sering tak terkalahkan dalam sebuah perdebatan di forum online. Alasanya adalah, karena Introvert lebih pandai dalam komunikasi secara Tertulis dari pada komunikasi secara verbal langsung. Dan dunia online memberi seorang introvert lebih banyak kesempatan dan waktu untuk berfikir sebelum bicara.





2.Seorang Introvert itu Setiakawan.
Mungkin Ekstrovert terlihat memiliki banyak kawan dimanapun mereka berada, karena kebanyak orang tidak membedakan mana yang sahabat, mana teman, atau mana yang hanya kenalan. Tapi Introvert terlihat memiliki sedikit teman, alasanya karena Introvert begitu selektif dalam memilih teman, seperti yang telah dijelaskan di atas, mereka pandai membaca karakter orang, jika mereka telah menjadi teman , maka introvert akan menjadi orang yang benar benar peduli dengan temanya, bagi mereka 10 sahabat lebih baik dari pada 100 ‘teman’.
3.Introvert adalah Pendengar yang baik.
Seorang Introvert lebih cenderung ke seorang Pemikir dari pada seorang Pembicara, orang yang pendiam memiliki lebih banyak waktu untuk berfikir dari pada orang yang banyak bicara, seperti yang dikatakan Stephen Hawking “orang pendiam memiliki pemikiran yang lebih dahsyat.” Begitu pula saat mendengarkan orang lain bicara, mereka lebih sering memperhatikan, ikut berfikir, dan mengobservasi dari pada memotong pembicaraan orang lain. “semakin diam seseorang, semakin banyak hal yang ia dengar.”
4.Introvert adalah seorang Observator yang baik.
Karena diam mereka mengobservasi, mereka menyadari hal yang terkadang tidak diperhatikan orang lain. Mereka juga sering memiliki perasaan yang peka, karena mereka selalu berfikir, mereka lebih mengetahui beberapa hal dari pada Ekstrovert, walau terkadang mereka peka atau tahu, mereka lebih memilih untuk tak banyak bicara.
5. “introvert bisa menjadi orang paling rileks di tengah badai”
Mungkin  yang dimaksud ialah, mereka tipe orang yang tidak mudah panik, mereka tenang dan berfikir untuk menyelesaikan masalah.
6. Introvert menggugah rasa penasaran orang lain.
Faktanya, introvert yang terlihat pendiam terkadang memperlihatkan hal yang luar biasa, hal itu membuat mereka menjadi sosok yang misterius dan sulit dipahami.
7.Introvert tidak suka pembicaraan kecil.
Mereka menghindari pembicaraan yang tidak penting dan terkesan basa basi, mereka tidak mau buang buang waktu dan energi untuk itu, tak jarang mereka tidak membalas sebuah Pesan, tidak mengangkat telpon, atau tidak merespon saat diajak bicara secara langsung.
Jadi walau mereka terlihat Pendiam, bukan berarti mereka polos, bukan berarti mereka pemalu, bukan berarti mereka penakut, tapi mereka adalah pemikir, diam mereka adalah diam berfikir dan observs. Mereka mengetahui lebih banyak hal dari pada yang orang biasa ketahui, tapi mereka berbicara lebih sedikit dari pada yang orang biasa lakukan.
8.dan Fakta terakhir, “Introverts are a good leaders?”
Yah, walau kebanyak introvert pada kenyataanya lebih suka bekerja sendiri, soliter. Namun beberapa penelitian menujukan bahwa introvert bisa jadi seorang pemimpin yang cakap. Menurut penelitian yang dilakukan di Havard yang masih berkelanjutan, menunjukan bahwa Ketengangan/kesunyian seseorang dapat membuat seseorang mampu memberi empati atau memahami orang lain. Seroang introvert dapat meneliti lebih jauh orang orang disekitarnya dengan observasinya. Peter drucker seorang pendiri management modern mengatakan “The most important thing in communication is to hear what isn’t being said." The best way to lead a collection of people is to understand what drives them. Nah untuk penjelasan lebih lanjut mengenai fakta yang satu ini anda bisa langsung ke sumbernya : blog.hubspot.com

Berikut adalah para Pemimpin dunia dan para tokoh besar yang Berkepribadian Introvert.


SUCCSESSFUL FIGURE AND LEADERS WHO ARE INTROVERTS:

1.Barrack Obama (presiden U.S.A)
2Marrisa mayer (Yahoo CEO)
3.Warren buffett
4.Hillary clinton
5.Mark Zuckerberg (siapa sih yg gk tahu dia? Facebook Founder)
6.Guy kawasaki
7.Bill gates (pendiri Microsoft)
8.Abraham Lincoln(seriously who the hell around here who doesn’t know about this president)
9.JK.Rowling (penulis Harry potter)
10.Christina aguilera
11.Elanoor Roosevelt
12.Courteney cox
13.ALBERT EINSTEIN (I don’t know why did I wrote this scientist name with capital alphabet)
14.Emma watson (ingat Bella swan di film Twilitght? Yes she is.)
15.Mahatma gandhi
16.Laura Bush
Ya itulah beberapa biografi introvert yang inspiratif, semoga tulisan ini dapat meluruskan pemikiran orang orang terhadap seorang Introvert, bukan meremehkan atau menganggapnya aneh, tapi membantunya mengembangkan jati dirinya.
     Ada sosok penyendiri di antara orang-orang yang sedang bergumul. Ada sosok pendiam di antara sekelompok orang yang sedang berinteraksi. Ada sosok yang terlihat serius di tengah keadaan yang tenang. Ada juga sosok yang terlihat acuh di tengah suasana yang tegang. Sosok ini berbeda,tak seperti kebanyakan orang. Namun ia bukanlah pemalu ataupun seorang yang berpenyakit ,  tetapi ia justru sedang memerhatikan. Ia senang menganalisa keadaan. Ia seorang Introvert. –dikutip dari kompasiana-

Referensi:Kompasiana, Wikipedia, Livescience, Psychologytoday, American Journal of Psychiatry, Psikologid.id, Introvertspring.com, hupspot.com,google image,dll.
BEBERAPA QUOTES INTROVERT
“…… Sementara introvert adalah kelompok minoritas dalam masyarakat, mereka membentuk sebuah mayoritas bagi orang-orang yang berbakat.”-Nichole kidman

“be aloner that give you a time to wonder,to search for the truth,have holy curiousity, make your life worth living.”-Albert Einstein

Introvert memang pendiam namun memiliki sosok yang luar biasa di dalam tubuhnya.”-satria gumilang













1 comment:

Kata - Kata Kasar (The Tabooness of Profanity)

"Kok kamu ngomong kasar kayak gitu sih?" "Jaga dong mulutmu!" "Kok kowe misuhan seh?" "Why do you cursed ...