Sunday, February 28, 2016

Classroom Story XYY



Classroom Story XYY
Karakter Siswa


Hari ini gw ada ulangan matematika MIPA.
Sebelum ulangan gw belajar satu hal yang penting dan fatal dalam kehidupan gue, Karakter manusia.
Ya karakter manusia bisa dilihat dari reaksinya terhadap jadwal ulangan.
Pertama anak rajin super niat, “dan lu ngapain..?”tanya gw ke dani yang mukanya professor banget lah.
“ini nginget inget materi pelajaran semalem yang gw pelajari buat ulangan nanti.” Nah, dari jawaban itu udah bisa dibaca gimana karakter dia, rajin, penuh persiapan, mengingat dan bahkan mungkin mencatat tugas atau jadwal ulangan dalam buku agendanya.
Kedua, Niat tapi kurang rajin dikit, “lhoh oh iya ya ada ulangan, ya allah lupa gw..”kata bram mendengar pembicaraan kami, walau gk belajar setidaknya dia udah niat mau belajar beberapa hari lalu tapi karena suatu alasan jadi dia lupa kalua ada ulangan.
ketiga, sedikit Niat tapi males. Contohnya gw, ya walau gw gk pinter dan gak rajin alias males (banget) tapi gw masih ada niat buat, buat mengetahui ada tidaknya ulangan, sehingga gw bisa mempersiapkan contekan se-segera mungkin.
“lhoh, ada ulangan ya…astaghfirullah..gw lupa banget..!” gw langsung gelar tiker sholat taubat 7 rokaat. Setelah salam gw duduk rapi,tenang dan berpikir (posisi orang pinter banget), yang gue pikiran Cuma satu “gimana cara gue mencontek dengan selamat tanpa tertangkap basah oleh tatapan mata sang guru yang tajam menusuk pantat kayak jarum suntik”
Keempat, “oh ulangan ya.. ya udah deh gue nonton anime dulu” ujar chan temen gw, dia ini tip eke-empat, jangan salah dulu, tip eke-empat ini tipe niat dan rajin tapi salah kelas. Soalnya dia emang beda kelas sama gue.
Tipe kelima, tipe trjebak di masa lalu“lhoh, yang bener lu sekarang ada ulangan matematika..?”tanya temen gue sebut saja asep. “emang sekarang ada jadwal matematika ya?”sambil ngeluarin buku biologi yang padahal jadwal biologi udah tiga hari yang lalu, artinya selama tiga har bukunya tetep sama dengan tiga hari yang lalu. boro boro persiapan ulangan, bahkan jadwalnya aja dia gak tahu.
Tipe keenam Tipe Berpegang teguh pada prinsip, “lho guys lu pada ngapain pake baju pramuka?”tanya cak no yang baru datang pake baju seragam batik hari kamis, padahal sekarnag hari jumat harusnya pakai pramuka.
“lu ngapain pake baju batik?”temen sekelas ngakak.
“ya iyalah sekarang kan emang pake batik, kalian semua pada ngelindur ya pake pramuka?”
“elu yang ngelindur nyet..! lihat sekarang hari apa?”tanya dora.
“hari sumpah pemuda, 28 oktober kan sekarang..”jawab cak no ngelantur.
“bukan coeg, sekarang hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin..puas lu..?”
“bisa gitu ya..”
bukan hanya jadwal, hari dan seragam pun dia lupa, tapi walau lupa dan jelas jelas salah, dia tetap berpegang tegus pada apa yang dia yakini benar, “bahwasanya hari ini adalah hari kamis dan seluruh siswa se sma-6 ngelindur pake baju pramuka.”-cakno-17-agustus-1948-djakarta.
Yang ketujuh,pinter tapi ngaco “njirr…beneran lu?! sekarang ulangan matematika?!, waduh gue belum belajar njir”ujar Rahmad.
“mad lu ngapain panic? Dna lu ngapain disini?”tanya gue
“kan ulangan..”
“lu bukan murid sini bego..!”ujar gue kesel ke rahmad, dia ini temen smp gw dan sekarang skolah di SMK, ke sekolah gue nganterin titipan buat gw aja sebenernya.
Tipe terakhir adalah tipe tidak patut di contoh, tipe ini adalah pelajar yang udah deket ujian nasional bukanya belajar malah mbaca cerpen kurang bermanfaat ini, kamu..! iya kamu yg baca cerpen ini..! :v
Belajar gih sono..

No comments:

Post a Comment

Kata - Kata Kasar (The Tabooness of Profanity)

"Kok kamu ngomong kasar kayak gitu sih?" "Jaga dong mulutmu!" "Kok kowe misuhan seh?" "Why do you cursed ...