Monday, March 23, 2015

CLASSROOM STORY#14 -saba desa-



CLASROOM STORY#14
#SABA_DESA



       Bebebrapa hari yang lalu gue belum sempet bikin cerpen sama sekali, maklum gue Sibuk, sibuk banget, sibuk bersih bersih juga, kemarin pagi ngepel parkiran, nyapu dedaunan di hutan, nyabutin rumput di lapangan, sama nyapu debu di gurun sahara, biar Greget…


       Enggak enggak, gue sibuk Saba Desa, acara sekolahan, 4 hari nginep di sebuah desa bernama Sukorejo di kabupaten Malang. Ikut kegiatan warga setempat, dan menjalani aktivitas pedesaan.
Saat pertama kali berangkat, yang pasti dipikirin temen gue saat ndenger kata ‘Desa’ pasti mereka mikir, sebuah tempat, dimana gak ada listrik, gak ada Tv, dimana mana sawah, orang orangnya medok tingkat dewa, pake baju jawa dan pake blangkon,rumah nya anyaman bambu atau dalam Bahasa ilmiah disebut ‘Gedek’

     tapi pas nyampai disana, rumahnya bagus bagus, sampai temen gue bilang “Njir ini saba Desa apa ke vila?”. Tapi realita yang emang ada ialah, disana jarang sinyal, apa lagi kalo pake kartu perdana sebut saja Teri,kartu Teri gak ada sinyal sama sekali, lu harus naik ke tempat tinggi baru dapet sinyal, gue aja sampai manjat manjat pohon kelapa segala buat ngambil buah kelapa….
     Hari pertama kami nginep di rumah warga, warganya ramah ramah. Gue bersama 7 temen gue nginep di rumah yang punya rumah. Karena desa Sukorejo terletak di daerah perbukitan, jadi gak heran kalo udara di sana dingin banget.
     Beneran deh, disana dingin banget, sampai temen gue Fadil pas kencing, air kencingnya keluar langsung jadi Kristal es ( yo gaaaakk…)
    Btw soal Fadil, gue kasihan banget dan merasa bersalah terhadap temen gue yang satu ini. Soalnya gue habis bikin meme pake muka dia, nih :
      Niat gue sih cuman buat bercanda di kelas aja, eh sama temen temen gue yang kurang acar malah di upload ke berbagai medsos, Facebook,twitter, whatsapp, BBM, Youtube, Paint, Windows media player, dll. Akibatnya dia jadi terkenal dimana mana.
     Yah gue jadi merasa bersalah pada Fadil, tapi alasan gue pakai muka Fadil bukan karena gue iseng atau gak suka sama Fadil, tapi karena Hanya Wajah Fadil yang dapat menghibur banyak orang, gak mungkin gue make fotonya Yasin yang kebanyakan flatnya.


     Ok balik lagi ke Saba desa. Dan karena serumah tujuh orang, jadinya kami sekamar tiga orang sempit sempitan. Gue sekamar sama temen gue Gangga dan Wahyu, kami tidur dengan posisi kayak ikan pindang saling berjajar memanjang. Gue di ujung atas, gangga di tengah, dan si wahyu ujung tempat tidur yang mepet sama tembok.
     “Yu lu tidur dimana?”kata temen gue Gangga.
     “gue dipinggir aja deh..”
     “yakin lu dipinggir, entar kalo jatoh jangan nyalahin gue ya..”kata Gangga.
     “iye, gue kalo tidur tingkahnya kayak jam dinding, muter terus, kalo gue tidur di tengah bangun bangun kalian pasti ada yang nyangkut di jendela,pintu, dll.”
      “ya udah deh terserah lu.”
      Di malam yang dingin, kamipun tertidur pulas, karena udara yang dingin, kamipun berebut selimut.
      Pukul 4 pagi gue terbangun karena suara misterius, seperti rintihan kakek tua setengah bencong mendesah ndesah: “Ikkeh..” eh bukan bukan, tapi : “to…too..tooloong…”
     Gue merinding, gue tidur lagi, sambil narik selimut gangga karena gue takut. Pukul 5 pagi gue terbangun lagi karena suara mengerikan plus menjijikan tersebut, pas gue nyalain lampunya, Tiba tiba terlihat seekor Wahyu terjatuh dari tempat tidur dan terjepit di antara tempat tidur sama tembok
     “Ha..ha..hansib..!”teriak gue ketakutan.
     “Hansib muke lu, tolongin gue nyet…!” ternyata suara hina tadi adalah suara anak manusia setengah kingkong yang lagi kejepit kolong tempat tidur.
     Ke esokan harinya, kami bangun, kami melakukan beberapa interview kepada warga di sana buat nglengkapin tugas dokumentasi.
    Kami pergi menemui seorang kakek yang sudah tidak muda lagi, namanya pak Misdi.
   “pak permisi, kami mau wawancara sebentar mengenai desa ini, baik perekonomian, kesenian, budaya, hingga sejarah desa ini.”kata Gangga.
    “oh iya dek silakan…”
    Temen temen gue pada nanyain hal hal seputar desa tersebut, hingga akhirnya temen gue Andi menanyakan tentang Sejarah terbentuknya desa tersebut.
     “pak, kalau boleh tahi, eh tahu maksudnya. gimana sih dulu sejarah terbentuknya desa ini..?”
     “oh sejarah desa Sukorejo dulu ya. Bentar kakek ingat ingat.”….beberapa jam kemudian, “ oh iya, kakek inget. Dulu itu nak, desa ini belum ada, yang ada hanya sebuah hutan dan perkebunan yang sejuk, tentram, dan damai. ….namun semua berubah saat Negara api menyerang…”
     “Ehmmm kek, maaf, boleh pinjem goloknya gak kek?”
     “buat apa nak?”
      Beberapa hari kemudian….
      Engak enggak gue cuman bercanda. Setelah melakukan interview kami mengikuti kegiatan kegiatan warga. Seperti kerja bakti, dan kegiatan kegiatan yang lainya. Gue sempet mengabadikan kegiatan kami dalam bentuk foto kok nih…

Cacing yang tertimbun tanah………………………………………………………Anjrittt
Nah untuk sementara sekian dulu ceritanya, maklum kalo kurang lucu, gue emang lagi kurang ide



 
















CURHAT LU NYET..??!
  





No comments:

Post a Comment

Kata - Kata Kasar (The Tabooness of Profanity)

"Kok kamu ngomong kasar kayak gitu sih?" "Jaga dong mulutmu!" "Kok kowe misuhan seh?" "Why do you cursed ...