Tuesday, February 7, 2017

INTROVERT STORY # 1 - Small Talk-

Source pic; Pinterest.com

            Hai, gue Intrrovert dan gue nggak begitu suka ngobrol. Jadi sampai disini aja deh ceritanya. Sekian…
Wtf…
            Just kidding, oke langsung aja ke pointnya. Gue Dika, atau seringnya sih dipanggil Dick. Iya gue tahu, ngeselin. Kamprett..
            Gue seorang Introvert, ya, betul. Nggak banyak bicara, nah terus kenapa gue nulis cerita ini.. disini itu juga yang mau gue bahas, introvert lebih pandai dalam komunikasi tertulis. Jadi gue mau berbagi pengalaman pengalaman gue melalui kacamata Introvert. Cerita cerita lucu, ngeselin, njengkelin, dan sekalian juga buat ngelurusin pandangan temen temen semua mengenai orang berkepribadian Introvert.
            Jujur, gue bosen setengah hidup kalau ada temen gue yang ekstrovert ngajak gue ngobrol,tentang percakapan ringan dengan topik random.kayak jaman SMA dulu..
            ‘’Dik..nglamun aja lu..’’ kata Evan temen sebangku gue yang extremely Extrovert pas SMA.
            ‘’ah enggak..’’ jawab gue singkat kurang padat dan agak burem. dulu sampe dimeja gue gue tulisin 'I hate small talk, shut up' sumpah.
            ‘’eh kemarin tahu nggak, gue ngliat cewek cakep rambutnya panjang di deket gedung Stasiun baru.’’ Si Evan mulai membicarakan topik bertema cewek yang gue bahkan nggak kenal yang lewat depan gedung yang bahkan gue nggak tahu gedung apa yang dia omongin.
            ‘’oh..terus.’’ banyak sih literature di internet yang bilang kalo Introvert itu pendengar yang baik.
            ‘’ya gitu cakep banget sob.’’Evan berhenti sejenak menelan ludah, ludah orang, eh..enggak enggak gue bercanda wkwk. ‘’anjir kemarin sepatu gue dipipisin kucing, baunya nggak ilang ilang sampe sekarang.’’
            ‘duh gusti..selamatkan diri hamba dari obrolan menyiksa ini..’’batin gue, saat ngobrol kayak  gitu gue biasanya mikir ‘’kok bisa sih si Evan cerita banyak hal secara random dalam hidupnya yang bahkan mungkin kalau ada ayam lehernya kejepit kayu, gue bakal lebih peduli ke kisah si Ayam dari pada cerita si Evan.
            ‘’sampai dimana gue tadi dik..’’tanya dia, habis cerita tak tentu arah.
            ‘’dari sepatu lo yang di eek in kucing.’’
            ‘’oh iya, eh bukan. Dipipisin..’’
            ‘’nah itu..’’jawab gue dengan nada kayak orang yang sedang mengucapkan pesan terakhir melalui telepon sebelum akhirnya melompat dari jembatan sukarno hatta Malang.
            Perlu digaris bawahi Gue bukan nggak suka sama Ekstrovert, Justru gue punya sahabat sahabat Extrovert yang nempel banget sama gue, tempat gue sharing dan bercanda, gue juga punya Adek Extrovert yang didunia ini mungkin Cuma sama dia gue 100 persen nggak jaim. cuman ada beberapa aspek umum dari extrovert yang kadang gue heran gitu. Introvert dan extrovert itu Cuma kecenderungan kepribadian aja sih, ekstrovert ada ribuan macemnya, introvert pun juga demikian, ya kayak sifat manusialah, ada macem macem.
            Dari sekian banyak ekstrovert ada sih beberapa tipe ekstrovert yang jujur aja gue ngerasa nggak cocok. Kayak misal ekstrovert yang suka banget ngobrolin hal sepele, ngomongin hal hal acak yang terjadi dalam hari harinya, atau malah Extrovert yang suka ngegosipin orang lain, atau extrovert yang kalau ngomong gak dipikir dan berujung menyinggung perasaan orang disekitarnya. buat yang kayak gitu, plis jangan tersinggung ya, gue cuman menceritakan kehidupan dari kacamata seorang introvert kayak gue dan murni dari perspektif pribadi gue. Mungkin kalian juga biasa menjudge orang kayak gue begini ‘’eh si dika tuh pendiem banget ya,’’ ‘’kalau nggak diajak bicara ya nggak bunyi.’’ Atau ‘’tuh anak radak anti social, menyendiri mulu.’’ Atau ‘’krik krik kalau deket tuh anak.’’ Dan mungkin ‘’cupu banget,.’’ Haha, gue udah hampir 20 tahun menghirup udara di bumi ini dan udah ribuan kali mendengar cerita dan pendapat orang orang disekitar gue, jadi mungkin mendengar pendapat gue yang berkebalikan dengan kebanyakan orang oke lah ya, biar imbang.
            Oke balik lagi ke cerita si Evan.
            ‘’oh iya iya..’’jawab gue.
            ‘’hahaha, eh sampai mana gue tadi..’’
            ‘’sampai ibu ibu naik motor yang lampu sen nya ke kiri tapi nggak belok belok soalya emang motornya nggak jalan..’’jawab gue.
            ‘’eh bukan, topik yang tadi, kita udah ganti lima topik lho..lo ndengerin gue nggak sih sebenernya.’’
            ‘’haha bercanda bro..’’jujur gue nggak nyadar udah kelewatan 5 topik. Hal kayak gini sering terjadi. Hanya karena ada istilah ‘Introvert itu pendengar yang baik.’’ Bukan berarti kita bakal senantiasa mendengarkan omongan seseorang. Ingat, Introvert itu pendengar yang baik tapi Introvert juga nggak suka dengan Small Talk. Kami lebih peduli dengan pembicaraan yang lebih berarah, atau mungkin curhatan kalian, kami bakal ndengerin dengan sepenuh hati hal kayak gitu. Kami Introvert juga bakal banyak omong kalo udah ketemu topik yang menarik.
            Tapi kalau yang diomongin hal kayak gini, sumpah itu bikin gue bosen setengah mati, ibaratnya kegiatan melipat 200 kotak kardus persiapan buat kenduri aja masih lebih bosen ini. Nah biasanya kalau udah lawan bicara gue mulai ngomong tak tentu arah, gue otomatis ngelamun tanpa sadar, pikiran gue jalan jalan sendiri mikirin hal lain, sementara kepala gue tetep ngangguk angguk tanpa menyerap satu patah katapun dari si lawan bicara.
            Tapi banyak juga tipe extrovert yang malah favorit gue, gue punya temen extrovert yang dia bener bener bisa mahamin perasaan orang lain, ada extrovert yang bener bener konyol dan bahkan sifat humorisnya mampu menarik gue buat ikut ngelawak. Ada Extrovert yang mungkin kasar tapi leadershipnya tinggi banget dan pemikiranya rasional, gue salut sama orang orang kayak mereka.
            Dear Extrovert di seluruh Dunia, Dunia lain, Dunia pararel, Dunia kapur, Sinar Dunia, Faber castle, Tjiwi kimia,dll. Please jangan langsung ngejudge kita Antisosial, Garing diajak ngobrol,dll. Justru kami disini pendengar setia jika kalian punya keluhan, butuh saran, butuh masukan. Kami memang nggak tertarik dengan Obrolan ringan atau Smalltalk tapi kalau kalian mau mendiskusikan Ide dan pemikiran, we always open up to you. Atau mungkin membicarakan hal hal yang kiranya kita sama sama tertarik, kayak misalnya gue sama Chan, kita sama sama Introvert tapi kalau udah ngomongin Manga bisa lenyap yang namanya Kesunyian, atau gue sama Udin-Miko saat ngobrolin Basket, atau gue pas ngobrolin film sama Fira, dan juga gue sama Probo yang ngobrolin Alien atau Zombie, nggak ada habisya.
            Kayak yang gue baca dari buku The Introvert Adventage. Extrovert introvert itu saling melengkapi, tapi alangkah pentingnya juga saling memahami sifat dan kebutuhan masing masing.

Sementara itu aja sih semoga memperluas pengetahuan guys

1 comment:

  1. Aku juga introvert, tipe ISTJ yg cukup jarang dimiliki kaum hawa. Dan aku capek banget kalo udah diajakin small talks. Buseet... kelihatan bener low mind-nya. Yg bikin kesel, becanda bawa2 fisik. Ngerendahin gitu maksudnya.

    ReplyDelete

Kata - Kata Kasar (The Tabooness of Profanity)

"Kok kamu ngomong kasar kayak gitu sih?" "Jaga dong mulutmu!" "Kok kowe misuhan seh?" "Why do you cursed ...